PETRA STOCK CHALLENGE

PETRA STOCK CHALLENGE

Investasi di Indonesia sudah berkembang pesat. Namun dalam kenyataannya, banyak masyarakat luas, terutama mahasiswa masih belum menyadari pentingnya pendidikan financial. Banyaknya anggapan bahwa investasi memerlukan modal yang besar. Dari berbagai investasi di Indonesia, saham merupakan investasi yang cukup dikenal masyarakat dan tidak memerlukan modal yang besar.

Oleh karena itu, Himpunan Mahasiwa Program Studi Manajemen Keuangan Universitas Kristen Petra Surabaya (HIMAKETRA) menyelenggarakan Petra Stock Challenge. Kegiatan yang memiliki tema “Investing For Millenial Investors” serta mempunyai tujuan agar generasi millenial cerdas dalam berinvestasi. Kompetisi tersebut ditujukan kepada mahasiswa diseluruh Indonesia, diadakan dari tanggal 14 – 26 Mei 2018.

 Kompetisi tersebut diawali dengan Trading Online menggunakan akun simulasi RHB Sekuritas pada tanggal 14 – 18 Mei 2018, kemudian Pengumuman 20 besar tim yang lolos ke babak selanjutnya pada tanggal 20 Mei 2018, selanjutnya pembuatan dan pengumpulan paper Stock Portfolio Analysis pada tanggal 23 Mei 2018. Dan 20 tim yang lolos melaksanakan kompetisi di babak Final, pada tanggal 25 – 26 Mei 2018 di Universitas Kristen Petra Surabaya. Finalis 20 besar tersebut harus sudah sampai di Surabaya tanggal 24 Mei 2018, Setelah itu pada tanggal 25 Mei 2018, 20 tim dan 150 peserta seminar dari Universitas Kristen Petra Surabaya mengikuti seminar Pasar Modal, pemateri Seminar tersebut merupakan pihak dari RHB Sekuritas yaitu Bapak Berlian Jeveny. Setelah seminar selesai, 20 tim melakukan Presentasi hasil Stock Portfolio Analysis yang di nilai oleh juri yang merupakan dosen di Universitas Kristen Petra Surabaya.

Dan pada tanggal 26 Mei 2018, 20 tim tersebut mengikuti Workshop, pemateri merupakan pihak dari RHB Sekuritas yaitu Bapak Berlian Jeveny. Kemudian 20 tim diberikan sebuah kasus, peserta diminta menyelesaikan  Study Case dalam 60 menit serta mempresentasikan hasil study case dalam bentuk Power Point. Setelah mempresentasikan hasil Study Case, peserta mengerjakan Qiuz dalam waktu yang sudah ditentukan panitia. Kegiatan tersebut diakhiri dengan pengumuman Juara dalam kompetisi Petra Stock Challenge . Alhamdulillah, Delegasi dari Universitas Pekalongan yaitu Ulfa Dwiyanti dan Najmal Chayya masuk dalam 10 besar dari 20 tim yang berkompetisi di babak final.