Pengukuhan Dan Penyerahan Relawan Pajak 2020

Tax Center Universitas Pekalongan sejak akhir tahun 2019 sampai awal tahun 2020 sedang melaksanakan kerjasama dengan Kanwil Direktorat Jenderal Pajak Jawa Tengah I untuk kegiatan Relawan Pajak. Relawan Pajak merupakan program kegiatan nasional yang dilaksanakan oleh seluruh Perguruan Tinggi yang memiliki Tax Center dengan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak di masing-masing wilayah penempatan.

Sambutan Oleh Rektor Unikal dan Kanwil Direktorat Jenderal Pajak Jawa Tengah I
Penyematan tanda peserta magang

Tax center sebelumnya telah melaksanakan pelatihan kepada calon relawan pada 20 – 23 Januari 2020. Pada kesempatan kali ini Tax Center melaksanakan pengukuhan dan penyerahan relawan pajak pada Rabu (5/2). Bertempat di ruang Adaro Gedung F lantai 7 Universitas Pekalongan.  Sasaran dari kegiatan relawan pajak ini adalah mahasiswa/i dengan latar belakang perpajakan maupun non perpajakan yang melibatkan Tax Center diseluruh Indonesia. Tugas Relawan Pajak nantinya adalah untuk membantu Wajib Pajak dalam rangka memenuhi kewajiban perpajakannya yaitu melaporkan SPt Tahunan dengan memberikan asistensi (bimbingan) dalam pengisian SPt yang menggunakan e-Filling dan e-SPT untuk Wajib Pajak Orang Pribadi yang mempunyai penghasilan dari pemberi kerja dan juga bagi WP OP yang mempunyai penghasilan dari kegiatan usaha dan atau pekerjaan bebas.

Beberapa manfaat dari Program Relawan Pajak selain berkontribusi kepada negara adalah sebagai pengembangan kapasitas diri dan networking . Tidak dapat dipungkiri bahwa pengalaman di lapangan akan menjadi bekal untuk memasuki dunia kerja yang makin kompetitif. Program Relawan Pajak dimulai dengan open recruitment melalui media sosial yang terbuka bagi mahasiswa Unikal maupun di luar kampus, seperti melalui Facebook, Instagram Tax Center Universitas Pekalongan, dan melalui Web resmi Universitas Pekalongan. Tahap selanjutnya yaitu seleksi administrasi, kemudian dilanjutkan dengan wawancara dan leveling. Untuk tahun 2020 ini peminat Relawan Pajak berjumlah 110 orang dimana 5 diantaranya berasal dari luar Unikal yaitu PSDKU Undip dan UMPP. Peserta yang lolos seleksi sebagai relawan pajak berjumlah 22 orang dari Prodi Manajemen dan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Pekalongan.