Workshop Metodologi Penelitian Kualitatif – Dosen FE Unikal

Fakultas Ekonomi Universitas Pekalongan (Unikal) Program Studi Manajemen dan Akuntansi mengadakan Workshop Metodologi Penelitian Kualitatif  Bagi Dosen Fakultas Ekonomi Unikal dalam rangka peningkatan pemahaman dan ketrampilan keilmuan dosen di bidang Penelitian khususnya metodologi penelitian kualitatif.

Acara yang diadakan di Ruang Rapat Gedung F Lantai 2 Unikal pada tanggal 12-13 April 2017 diikuiti oleh seluruh Dosen Tetap Fakultas Ekonomi Universitas Pekalongan sejumlah 32 Dosen dengan mengundang Narasumber yang berkompeten di bidangnya yaitu Bapak Anis Chariri, S.E., MCom., PhD dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang

Acara ini dibuka oleh Rektor Universitas Pekalongan Bapak Suryani, S.H., M.Hum., Beliau menyambut baik kegiatan ini karena untuk menambah pemahaman keilmuan dosen di bidang penelitian khususnya penelitian kualitatif, sehingga penelitian-penelitian yang dilakukan oleh Dosen semakin variatif tidak hanya penelitian kuantitatif saja, tetapi juga penelitian kualitatif.

Dalam acara ini Bapak Anis Chariri SE MCom PhD selaku narasumber, pakar penelitian kualitatif dari Universitas Diponegoro menyampaikan materi dengan tema Penelitian Kualitatif : Filosofi dan Metode. mengatakan, penelitian kualitatif merupakan penelitian yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. “Penelitian kualitatif menggunakan olah pikir dan olah rasa. Oleh sebab itu kita baru berhenti menulis bila sudah menemukan kebenaran karena penelitian kualitatif berlandaskan paradigma peneliti. Proses dan makna (perspektif subjek) lebih ditonjolkan dalam penelitian kualitatif. Landasan teori dimanfaatkan sebagai pemandu agar fokus penelitian sesuai dengan fakta di lapangan. Selain itu landasan teori juga bermanfaat untuk memberikan gambaran umum tentang latar penelitian dan sebagai bahan pembahasan hasil penelitian. Terdapat perbedaan mendasar antara peran landasan teori dalam penelitian kuantitatif dengan penelitian kualitatif. Dalam penelitian kuantitatif, penelitian berangkat dari teori menuju data, dan berakhir pada penerimaan atau penolakan terhadap teori yang digunakan, sedangkan dalam penelitian kualitatif peneliti bertolak dari data, memanfaatkan teori yang ada sebagai bahan penjelas, dan berakhir dengan suatu “teori”.

Selain itu Beliau juga mengatakan bahwa penelitian kualitatif jauh lebih subjektif dari pada penelitian atau survei kuantitatif. Sebab penelitian kualitatif menggunakan metode sangat berbeda dari mengumpulkan informasi, terutama individu, dalam menggunakan wawancara secara mendalam. “Metode penelitian kualitatif yang identik dengan tidak melibatkan angka maupun statistik, namun bukan berarti lebih mudah untuk dilakukan.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *