Silabus Mata Kuliah

  1. PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (3 SKS)
Deskripsi Mata Kuliah : Mata kuliah ini berisi telaah mengenai dasar dan tujuan negara RI, kedudukan dan hubungan antara lembaga negara, pendidikan politik mengenai hak dan kewajiban sebagai warga negara dan warga masyarakat, penghayatan dan pengamalan nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, memberikan pendalaman tentang dasar-dasar falsafah bermasyarakat dan bernegara sehingga mahasiswa mempunyai pandangan yang luas, mampu berfikir secara integral dan interdisiplin serta menjadikan Pancasila sebagai pedomannya.
  1. PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (3 SKS)
Deskripsi Mata Kuliah : Mata kuliah ini merupakan dasar pemahaman keagamaan yang harus dimiliki oleh mahasiswa yang meliputi Aqidah dan Ibadah menurut ajaran islam dalam rangka memberikan dasar pembentukan manusia intelektual yang bertakwa kepada tuhan yang maha esa serta memiliki wawasan yang luas agar mampu bersikap dan bertindak dengan pola pikir yang sesuai dengan ajaran islam. PENDIDIKAN AGAMA KATHOLIK (3 SKS) Deskripsi mata kuliah: Mata kuliah ini merupakan dasar pemahaman keagamaan yang harus dimiliki oleh mahasiswa sebagai individu dan masyarakat berdasar agama katholik dalam rangka memberikan dasar pembentukan manusia intelektual yang bertakwa kepada tuhan yang maha esa serta memiliki wawasan yang luas agar mampu bersikap dan bertindak dengan pola pikir yang sesuai dengan ajaran katholik.   PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN (3 sks) Deskripsi mata kuliah: Mata kuliah ini merupakan dasar pemahaman keagamaan yang harus dimiliki oleh mahasiswa sebagai individu dan masyarakat berdasar agama Kristen dalam rangka memberikan dasar pembentukan manusia intelektual yang bertakwa kepada tuhan yang maha esa serta memiliki wawasan yang luas agar mampu bersikap dan bertindak dengan pola piker yang sesuai dengan ajaran Kristen.   PENDIDIKAN AGAMA HINDU (3 SKS) Deskripsi mata kuliah: Mata kuliah ini merupakan dasar pemahaman keagamaan yang harus dimiliki oleh mahasiswa senagai individu dan masyarakat berdasar agama hindu dalam rangka memberikan dasar pembentukan manusia intelektual yang bertakwa kepada tuhan yang maha esa serta memiliki wawasan yang luas agar mampu bersikap dan bertindak dengan pola piki yang sesuai dengan ajaran hindu.   PENDIDIKAN AGAMA BUDHA (3 SKS) Deskripsi mata kuliah: Mata kuliah ini merupakan dasar pemahaman keagamaan yang harus dimiliki oleh mahasiswa sebagai individu dan masyarakat berdasar agama budha dalam rangka memberikan dasar pembentukan manusia intelektual yang bertakwa kepada tuhan yang maha esa serta memiliki wawasan yang luas agar mampu bersikap dan bertindak dengan pola pikir yang sesuai dengan ajaran budha.  
  1. BAHASA INGGRIS I (3 SKS)
Deskripsi Mata Kuliah : Mata kuliah ini memberikan kemampuan membaca dan membaharui karya dalam ekonomi yang ditulis dalam bahasa Inggris serta menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan bacaan tersebut, baik secara struktur bahasa, tulisan maupun lisan.  
  1. BAHASA INGGRIS II (2 SKS)
Deskripsi Mata Kuliah : Mata kuliah ini memberikan pemahaman lebih lanjut dalam bentuk kemampuan membuat ringkasan dan mendiskusikannya secara lisan. Perekaan juga diberikan pada cara penggunaan struktur Bahasa Inggris yang lazim dipakai dalam tulisan Ilmiah dalam Bahasa Inggris.  
  1. BAHASA INDONESIA ( 3 SKS)
Deskripsi Mata kuliah : Mata kuliah  ini bertujuan meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menyatakan pikiran dan pendapat dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar secara lisan maupun tulisan. Mata kuliah ini membahas tentang ejaan dan tanda baca, kalimat efektif dan tidak efektif, pemilihan kata, perencanaan tulisan, pengembangan paragraph, penalaran dan penulisan karya ilmiah.
  1. MATEMATIKA DASAR (3 SKS)
Deskripsi Mata Kuliah : Berbagai konsep matematika kini menjadi alat analisis yang penting dalam ilmu ekonomi. Matematika merupakan alat untuk menyederhanakan penyajian dan pemahaman masalah dalam ekonomi. Dengan menggunakan bahasa matematika, suatu masalah dapat menjadi lebih sederhana untuk disajikan, dipahami, dianalisa dan dipecahkan. Mata kuliah ini membahas tentang himpunan, bilangan,diferensiap,integral,limit, fungsi.  
  1. MATEMATIKA EKONOMI (3 SKS)
Deskripsi Mata Kuliah : Berbagai konsep matematika kini menjadi alat analisis yang penting dalam ilmu ekonomi. Matematika merupakan alat untuk menyederhanakan penyajian dan pemahaman masalah dalam ekonomi. Dengan menggunakan bahasa matematika, suatu masalah dapat menjadi lebih sederhana untuk disajikan, dipahami, dianalisa dan dipecahkan. Mata kuliah ini membahas tentang fungsi demand dan fungsi supply, pengaruh pajak spesifik terhadap keseimbangan pasar,pengaruh subsidi terhadap keseimbangan pasar, pengaruh pajak proporsional terhadap pajak, keseimbangan pasar untuk dua macam barang, fungsi biaya dan fungsi penerimaan, analisis pulang pokok, fungsi konsumsi dan supply, perhitungan pendapatan nasional, pengaruh pajak dan subsidi terhadap pendapatan nasional, analisa IS-LM.  
  1. EKONOMI MIKRO (3 SKS)
Deskripsi Mata Kuliah : Mata kuliah ini akan mengantarkan mahasiswa kepada pengenalan konsep-konsep dasar ekonomi khususnya ekonomi mikro. Topik bahasan meliputi pengertian dasar ilmu ekonomi, perilaku konsumen dan produsen, penentuan harga pasar, dan bentuk-bentuk pasar serta mekanisme pasar faktor produksi.  
  1. EKONOMI MAKRO (3 SKS)
Deskripsi Mata Kuliah : Pengantar Ekonomi Makro membahas konsep dasar dalam ilmu ekonomi makro. Pembahasan meliputi pengukuran kegiatan ekonomi permintaan agregat, kebijaksanaan moneter dan fiskal, pertumbuhan ekonomi dan perdagangan internasional.        
  1. PENGANTAR BISNIS
Deskripsi Mata Kuliah : Mata kuliah ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran kepada mahasiswa secara menyeluruh pemahaman tentang bisnis. Materi pengantar bisnis dikaitkan dengan perkembangan globalisasi, sehingga diharapkan mahasiswa dapat mengikuti perubahan yang terjadi dalam dunia bisnis. Mata kuliah ini membahas tentang pengelolaan faktor produksi meliputi : Fungsi Sumber daya manusia dalam perusahaan, Fungsi keuangan dalam perusahaan, Fungsi produksi dalam perusahaan, Fungsi pemasaran dalam perusahaan, Kewirausahaan, perluasan dan penciutan usaha.  
  1. MANAJEMEN (3 SKS)
Deskripsi Mata Kuliah : Pengantar Manajemen merupakan salah satu prasyarat yang memberikan pengetahuan tentang pengelolaan perusahaan dengan bahasan pokok tentang fungsi-fungsi perusahaan dan fungsi-fungsi manajemen serta penerapan masing-masing fungsi dalam suatu perusahaan yang meliputi kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan.  
  1. PENGANTAR APLIKASI KOMPUTER (2 SkS)
Deskripsi mata kuliah: Matakuliah ini memberikan pengetahuan kepada mahasisiwa tentang  computer dasar, meliputi, Microsoft office, internet, pembuatan blog, cloud. Setelah mengikuti mata kuliah ini mahaiswa dapat mengaplikasikan system dalam kompiuter penggunaan dan fungsinya.  
  1. PENGANTAR AKUNTANSI (3 SKS)
Deskripsi Mata Kuliah : Pengantar Akuntansi membahas tenatng definisi akuntansi dan lingkungan serta membahas siklus akuntansi perusahaan dagang dan jasa. Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa dapat memahami konsep dasar akuntansi dan siklus akuntansi.  
  1. PENGANTAR AKUNTANSI LANJUTAN (3 SKS)
Deskripsi Mata Kuliah : Pengantar Akuntansi lanjutan bertujuan memberikan pemahaman dan pengertian-pengertian tentang pengukuran, pengakuan dan pengungkapan akuntansi terhadap komponen-komponen asset, kewajiban, serta konsep-konsep dasar akuntansi manajemen. Mata kuliah ini membahas rinci masing akun / rekening yang ada di laporan keuangan neraca dari rekening Kas – Laba ditahan secara metode akuntansi.  
  1. STATISTIK DASAR (3 SKS)
Deskripsi Mata Kuliah : Mata kuliah ini memberikan gambarab dan pemahaman mahasiswa berkaitan dengan pengertian statistic, penyusunan data dan penyajian, ukuran nilai sentral, ukuran disperse atau penyebaran, angka indek analisa regresi k9orelasi, analis time series. Fokus pembahasan diarahkan pada cara-cara menyajikan dan meringkas data / informasi, baik melalui angka maupun grafik, bagaimana mengukur central tendency dan dispersi, melakukan analisis trend, menghitung angka indeks, menganalisis hubungan antar variabel dan memahami konsep-konsep probabilitas.  
  1. STATISTIK EKONOMI (3 SKS)
Deskripsi Mata Kuliah : Mata kuliah ini membahas tentang berbagai konsep, teknik dan aplikasi analisis data dalam dunia bisnis untuk digunakan memecahkan masalah dalam pengambilan keputusan. Fokus pembahasan diarahkan cara-cara menghitung luas distribusi normal, menentukan penarikan sampel dan ukuran sampel, melakukan estimasi, melakukan pengujian hipotesis 2 populasi, lebih dari 2 populasi, perhitungan hubungan diantara 2 variabel dan pengujian statistik non parametrik seperti uji chi Square, uji wilcoxon, uji kruskall wallis.  
  1. TEORI EKONOMI (3 SKS)
Deskripsi mata kuliah : Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa dapat menghubungkan dan menganalisis variable-variabel ekonomi, serta mengaplikasikan teori ekonomi sebagai dasar pengambilan keputusan. Mata kuliah membahas tentang teori preferensi dan nilai guna, analisis permuintaan dan penawaran, teori produksi, teori perusahaan, fungsi biaya, keputusan produksi optimal, harga, struktur pasar, pasar factor produksi, analisa IS LM, keseimbangan umum ,analisa permintaan dan penawaran agregat,teori pertumbuhan, aplikasi dalam pengambilan keputusan.  
  1. METODOLOGI PENELITIAN (3 SKS)
Deskripsi Mata Kuliah : Mata kuliah ini memberi pengetahuan dan melatih mahasiswa agar  mampu merancang dan melakukan penelitian dengan benar. Materi mata kuliah mencakup : pendahuluan, masalah penelitian, kajian teori, perumusan hipotesis, penentuan variabel, metode sampling, pencarian data, analisis data dan penulisan laporan.  
  1. PEREKONOMIAN INDONESIA (3 SKS)
Deskripsi Mata Kuliah : Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa dapat memahami konsep dasar pembangunan ekonomi Indonesia, perkembangan system ekonomi yang berlaku di Indonesia, instrument kebijakan dan factor pendukung pembangunan ekonomi dan perkembangan perekonomian nasional dan internasional. Mata kuliah ini pembahasannya dimulai dengan memperkenalkan bekerjanya sistem ekonomi Indonesia, termasuk latar belakang sejarah, aspek budaya, struktur, perkembangan, serta kebijakan-kebijakan pembangunan, terutama sejak masa orde baru hingga perekonimian sekarang.  
  1. EKONOMI ISLAM (3 SKS)
Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa memahami bahwa model perekonomian selain secara konvensional dan teori yang dipelajari sekarang tetapi perkembangan perekonomian secara islami. Mata kuliah ini membahs tentang perbandingan ekonomi konvensional dan ekonomi islam, teori dasar ekonomi islam, lembaga keuangan berdasar ekonomi islam, dasar hukum.  
  1. EKONOMI INTERNASIONAL (3 SKS)
Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa memahami tentang perekonomian yang berlaku secara internasional. Mata kuliah menbahas tentang konsep dasar ekonomi internasional dan permasalahannya, peranan markantilis dalam perdagangan internasional, teori klasik dalam perdagangan internasional, teori modern dalam perdagangan internasional, keseimbangan internasional, pasar terbuka, neraca pembayaran internasional, dasar valuta asing, dasar pertukaran internasional, proteksi, tariff dan kuota, perjanjian perdagangan dan perkembangannya.  
  1. MANAJEMEN PEMASARAN (3 SKS)
Tujuan matakuliah ini agar mahasiswa dapat memahami konsep dasar pemasaran.Membahas tentang konsep dasar pemasaran dan lingkungan pemasaran, konsep inti pemasaran, konsep dasar marketing mix, nilai produk dan kepuasan pelanggan, wawasan pasar berdasar konsep pasar, orientasi pasar.      
  1. MANAJEMEN PEMASARAN LANJUTAN(3 SKS)
Deskripsi Mata Kuliah : Tujuan matakuliah ini agar mahasiswa dapat memahami dan mengidentifikasi strategi-strategi dalam pemasaran. Mata kuliah ini memberikan pemahaman analisis pemasaran sampai kepada penentuan strategi pemasaran, oleh karena itu setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menggunakan dasar-dasar analisis yang diperlukan dalam pengambilan keputusan.  Mata kuliah ini membahas tentang strategi marketing mix, segmenting, targeting positioning, Life cycle produk dan strateginya, posisi persaingan pasar dan strateginya, perilaku pembelian, pemasaran terintegrasi.  
  1. MANAJEMEN KEUANGAN (3 SKS)
Deskripsi Mata Kuliah : Mata kuliah ini memperkenalkan kepada mahasiswa terhadap dasar-dasar dan konsep manajemen keuangan, khususnya manajemen keuangan perusahaan Mata kuliah ini juga akan memperkenalkan alat-alat dan teknik-teknik analisis ditinjau dari internal dan eksternal (perusahaan dan investor) dalam memaksimumkan nilai perusahaan. Tujuan matakuliah ini diharapkan mahasiswa dapat memahami dan memiliki pengetahuan mengenai konsep dasar manajemen keuangan, sehingga dapat digunakan dalam pengambilan keputusan dibidang keuangan.  
  1. MANAJEMEN KEUANGAN LANJUTAN (3 SKS)
Deskripsi Mata Kuliah : Mata kuliah ini memperkenalkan kepada mahasiswa terhadapd asar-dasar dan konsep manajemen keuangan, khususnya manajemen keuangan perusahaan Mata kuliah ini juga akan memperkenalkan alat-alat dan teknik-teknik analisis ditinjau dari internal dan eksternal (perusahaan dan investor) dalam memaksimumkan nilai perusahaan.  
  1. MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA (3 SKS)
Deskripsi Mata Kuliah : Mata kuliah MSDM disusun untuk memberi pengertian tentang konsep MSDM, metode dan teknik dengan terfokus pada MSDM, dimana MSDM sebagai alat dalam membuat keputusan yang strategis dan terintegrasi dengan sistem di MSDM. Seluruh fungsi MSDM yakni pengadaan tenaga kerja, pengembangan karyawan, kompensasi, Integrasi & pemeliharaan karyawan dan audit SDM. Tujuan matakuliah ini mahasiswa dapat memahami dan mengaplikasikan kegitana mengelola sumber daya manusia dalam perusahaan.      
  1. MANAJEMEN OPERASIONAL (3 SKS)
Deskripsi Mata Kuliah : Mata kuliah Manajemen Operasional dimaksudkan untuk mendiskusikan berbagai topik dan isu serta perkembangan dibidang operasional. Mahasiswa diharapkan dapat mengikuti memahami konsep dasar manajemen operasional sehingga dapat mengetahui perkembangan dibidang manajemen operasional, Setelah mengikuti mata kuliah ini  mahasiswa menguasai Manajemen Operasional secara komprehensif. Matakuliah ini membahas tentang konsep dasar manajemen operasional, perencanaan lokasi, metode perbandingan biaya, metode transportasi, perencanaan layout, penanganan material, perencanaan lingkungan kerja, perencanaan standard produksi dan pengukuran kerja, waktu standard, kurve belajar, pola produksi, proyeksi, prediksi time series, regresi, korelasi, scheduling system.  
  1. KEWIRAUSAHAAN (3 SKS)
Deskripsi Mata Kuliah : Matakuliah ini menguraikan tentang konsep dasar kewirausahaan, karakteristik wirausahawan, menmukan peluang usaha berdasar kebutuhan pasar, cara membuat study kelayakan usaha, rencana usaha, proposal penawaran jasa atau produk, cara melakukan promosi produk usaha, kontrak kerja atau kesepakatan jual beli dan evaluasi usaha. Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa dapat memiliki jiwa wirausaha sehingga dapat mengaplikasikan dalam kegiatan nyata untuk menjadi bekal menjadi wirausaha.  
  1. PENGANGGARAN PERUSAHAAN (3 SKS)
Deskripsi Mata Kuliah : Mata kuliah ini mempelajari prinsip-prinsip dasar tentang proses penganggaran perusahaan : Anggaran komprehensif, operasi, keuangan dan pelaporan anggaran, serta memberi latihan tentang berbagai konsep penganggaran sebagai alat perencanaan dan pengawasan dalam organisasi perusahaan. Mata kuliah bertujuan agar mahasuiswa dapat memahami konsep-konsep anggaran untuk melatih aplikasi konsep anggaran melalui latihan dan pemecahan kasus actual.  
  1. AKUNTANSI BIAYA (3 SKS)
Deskripsi Mata Kuliah : Mata kuliah ini membahas tentang pengertian dan karakteristik biaya serta cara penggolongan biaya. Mata kuliah ini juga membahas tentang berbagai metode penentuan dan pengumpulan harga pokok produk serta cara-cara pengendalian biaya yang harus dilakukan oleh manajemen. Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa dapat memahami dan mengausai konsep penentuan harga pokok produk dengan berbagai metode.  
  1. AKUNTANSI MANAJEMEN (3 SKS)
Deskripsi Mata Kuliah : Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar fungsi dan peran akuntansi manajemen , perilaku biaya, penentuan harga pokok variable, analisis hubungan biaya volume dan laba, pengambilan keputusan berdasar biatya relevan, akuntansi pertanggung jawaban, akuntansi manajemen kontemp[orer. Tujuan mata kuliah ini untuk mengetahui perhitungan yang berhubingan dengan perusahaan dan dapat menyajikan informasi akuntansi manajemen yang dijadikan alat bagi pihak manajemen untuk pengambilan keputusan dalam menjalankan perusahaan.  
  1. ANALISA LAPORAN KEUANGAN (3 SKS)
Deskripsi Mata Kuliah : Analisa laporan keuangan adalah mata kuliah yang membahas tentang konsep dan teknik serta alat untuk menganalisis laporan keuangan.. Pembahasan meliputi dari fungsi,bentuk isi dan prinsip-prisnip penyususnan laporan keuangan. Analisis ratio, analisis sumber dan penggunaan metode kerja, analisis break event point ,analisis laba kotor, analisis kredit dan analisis EVA , serta analaisis laporan perbankan.  
  1. SISTEM INFORMASI MANAJEMEN (3 SKS)
Deskripsi Mata Kuliah : Mata kuliah ini (SIM) mengajarkan : konsep Sistem Informasi (data dan informasi) dan implementasinya dalam suatu sistem manajemen / organisasi / lembaga bisnis. Faktorfaktor (persyaratan) yang mempengaruhi rancangan dan manajemen sistem informasi dalam lembaga bisnis. Konsep sistem, pendekatan sistem, siklus hidup sistem dan implementasi konsep sistem yang terpadu dlam perancangan dan pengembangan Sistem Informasi Manajemen. Mempelajari peranan Sistem Informasi dalam mendukung kegiatan operasi bisnis, pendukung pembuatan keputusan manajerial dan mendukung strategi untuk keunggulan kompetitif.        
  1. STUDI KELAYAKAN BISNIS (3 SKS)
Deskripsi Mata Kuliah : Mata kuliah ini membahas mengenai kelayakan suatu investasi usaha dari aspek pemasaran, aspek teknis, aspek keuangan, aspek sosial ekonomis, lega dan lingkungan serta teknik analisis dan pelaporannya. Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa memahami dan dapat menyusun study kelayakan dalam usaha yang dilakukan.  
  1. PERPAJAKAN ( 3 SKS)
Deskripsi mata kuliah: Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa mampu memahami tentang komponen pajak dan cara menghitungnya serta mengetahui peraturan perpajakan  yang berlaku di Indosesia. Mata kuliah ini membahas tentang konsaep pajak, definisi dan permasalahan dalam pemungutan pajak selanjutnya dibahas komprehensif mengenai PPH baik tentang konsep, maupun penerapan perhitungan PPH pasal 21,22,23,24,25,26 dan 29.  
  1. MANAJEMEN LEMBAGA KEUANGAN (3 SKS)
Deskripsi mata kuliah: Deskripsi mata kuliah: Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa dapat mengetahui tentang macam lembaga keuangan . mata kuliah membahas tentang karakteristik  lembaga keuangan perbankan dan non perbankan :sumber dana bank, macam bank, alokasi dana perbankan, perhitungan kredit dan pembiayaan, Analisa kesehatan bank, koperasi, leasing, anjak piutang  
  1. MANAJEMEN KOPERASI DAN USAHA KECIL (3 SKS)
Deskripsi mata kuliah: Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa memahami tentang usaha kecil bagaimana mendirikan dan mengelolanya serta memahami tentang koperasi bagaimana proses pendirian dan mengelolanya. Mata kuliah membahas tentang konsep manajemen usaha kecil, konsep dasar koperasi, karakteristik usaha kecil, pendirian koperasi, sumber daya usaha kecil dan koperasi, manajemen pada usaha kecil, manajemen pada koperasi.  
  1. MANAJEMEN STRATEGIK (3 SKS)
Deskripsi Mata Kuliah : Mata kuliah ini membahas tentang konsep “strategi” serta “proses dan tugas manajerial dalam crafting, implementasi dan eksekusi strategi”, terutama dalam konteks lingkungan bisnis global dan lokal. Sebagai suatu mata kuliah yang memberikan “big picture”, berbagai masalah atau isu strategik yang dibahas mencakup formulasi, formasi, dan implementasi strategi yang meliputi semua spektrum bisnis dan manajemen. Tujuan utamanya adalah mempertajam kemampuan mahasiswa untuk berpikir secara strategik, membuat keputusan strategik, dan memandang isu bisnis dari perspektif perusahaan total. Ini berarti secara sistematik mengekspos mahasiswa pada analisis industri dan kompetitif, karakteristik lingkungan pasar global, elemen penting strategic moves dan rencana strategik, dan beragam tugas manajerial yang terkait dengan implementasi dan eksekusi strategi terpilih.  
  1. PERILAKU KONSUMEN (3 SKS)
Deskripsi Mata Kuliah : Mata kuliah ini membahas tentang perilaku konsumen dalam melakukan pembelian suatu produk. Dan individu, komunikasi persuasive, proses pengambilan keputusan pembelian, dan bagaimana konsumen berperileku setelah menggunakan produk tersebut. Materi kuliah perilaku konsumen melputiu; pengertian perilaku konsumen, mengapa perlu mempelajari perilaku konsumen, perspektif riset perilaku konsumen, masalah dalam perilaku konsumen, perilakau konseumen dan majaemen pemasran, pengaruh perilaku konsumen, perbedaan indivisu, proses psikologis, keterlibatan dan persepsi, pembelajaran perilaku, kepribadian, kepercayaan, sikap dan perilaku konsumen, komunikasi persuassif, proses pengambilan keputusan pembelian, penilian terhadap alternative keputusan pembelian, oerilkau paska pembelian, tanggung jawab sisial terhadap konsumen.  
  1. PEMASARAN JASA (3 SKS)
Deskripsi Mata Kuliah : Mata kuliah ini menjelaskan bahwa jasa memiliki sifat yang berbeda dengan barang. Perbedaan tersebut menghasilkan tantangan manajemen yang berbeda bagi perusahaan jasa murni maupun manufaktur yang meyertakan jasa dalam memasarkan produknya. Tantangan-tantangan tersebut antara lain menentukan desain jasa, kualitas jasa, meramalkan dan mengelola permintaan dan penawaran jasa serta jaminan terhadap kepuasan pelanggan Mata kuliah ini selanjutnya menjelaskan tiga model utama yaitu segitiga jasa, bauran pemasaran jasa gap model. Dengan tiga model tersebut diharapkan perusahaan jasa dapat mengatasi tantangan dan mampu mengembangkan strategi pemasaran jasa untuk mendapatkan keunggulan bersaing.  
  1. PEMASARAN RITEL ( 3 SKS)
Deskripsi mata kuliah : Mata kuliah ini memberikan pengertian dan konsep, teori dan praktek Retailing Management yang mencakup 4 (empat) bagian pokok bahasan, yaitu Retailing Management, Retailing Strategy, Merchandise Management, dan Store Management. Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa mampu memahami tentang bisnis retail dan kegiatan pemasarannya.  
  1. PEMASARAN GLOBAL (3 SKS)
Deskripsi Mata Kuliah : Mata kuliah Pemasaran Global membahas permasalahan-permasalahan yang terkait dengan perspektif pemasaran global. Mata kuliah ini menguji berbagai aspek lingkungan pemasaran global, dan keputusan-keputusan yang dibuat oleh manajer pemasaran. Mata kuliah ini juga mengembangkan strategi pemasaran global guna bersaing di pasar global. Strategi dinami harus dirumuskan untuk mendukung keunggulan bersaing yang berkelanjutan dalam fase perubahan yang cepat dalam pasar global  
  1. KOMUNIKASI PEMASARAN ( 3 SKS)
Deskripsi mata kuliah: Mata Kuliah ini menjelaskan tentang teori-teori Marketing Communication dalam lima pokok bahasan utama yaitu 1) Pengenalan proses dan lingkungan Integrated Marketing Communication . 2) Dasar-dasar pengambilan keputusan di dalam Marketing Communication 3) Marketing Communication untuk produk baru, penanda toko serta Point of Purchase.    
  1. STRATEGIPEMASARAN(3sks)
Deskripsi mata kuliah: Mata Kuliah ini menjelaskan perencanaan  dan strategi pemasaran . Tujuan mata kuliah ini agar mahasiswa mampu memahami dan menganalisis untuk menyusun strategi pemasaran dengan melihat pesaing.  
  1. E-MARKETING ( 3 SKS)
Deskripsi mata kuliah: Matakuliah ini menjelaskan tentang  pemahaman kepada mahasiswa mengenai praktik bisnis melalui e-Commerce. Mata kuliah ini membahas tentang perkembangan tehnologi dalam pemasaran beserta aplikasi nya.  
  1. SEMINAR MANAJEMEN PEMASARAN ( 3 SKS)
Deskripsi mata kuliah: Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan gambaran dan praktek kepada mahasiswa mengenai pembuatan proposal dalam suatu penelitian yang khususnya mengenai kegiatan pemasaran.  
  1. MANAJEMEN KEUANGAN INTERNASIONAL ( 3 SKS)
Deskripsi mata kuliah : Manajemen Keuangan Internasional merupakan mata kuliah pendukung terhadap kompetensi lulusan, dengan melengkapi pemahaman dan pengetahuan tentang bisnis dan keuangan internasional.                
  1. MANAJEMEN INVESTASI DAN PORTOFOLIO ( 3 SKS)
Deskripsi mata kuliah: Mata kuliah ini membahas konsep teori dan teknik-teknik penilaian sekuritas, sehingga dapat menjadi dasar pengambilan keputusan investasi asset keuangan di pasar modal. Topik bahasan meliputi : Pemahaman tentang pasar modal, Mekanisme pasar modal dan instrumen pasar modal penilaian resiko dan return sekuritas, Analisis portofolio, Capital Assets pricing Model, Arbritage Pricing Theory, Pengujian Efisiensi Pasar modal (Weak form, Semi Strong form dan strong form), Analisis saham, analisis obligasi, analisis deviden dan analisis derivative.  
  1. MANAJEMEN PERBANKAN ( 3 SKS)
Matakuliah  ini bertujuan agar  mahasiswa mampu menjelaskan konsep lembaga keuangan bank (sektor keuangan) termasuk lapaoran keuangan bank yang berbeda dengan laporan keuangan sektor riil. Mata kuliah ini membahas tentang, konsep penbankan, sumber modal perbankan, manajeman perbankan, macam bank dan karakteristik, kesehatan perbankan.  
  1. SEMINAR MANAJEMEN KEUANGAN ( 3 SKS)
Deskripsi mata kuliah: Mata  kuliah ini menjelaskan tentang bagimana mahasiswa dapat  memahami dan dan mendalami fenomena-fenomena penelitian keuangan serta keahlian dalam menyiapkan usulan penelitian keuangan.  
  1. MANAJEMEN PERBANKAN SYARIAH ( 3 SKS)
Deskripsi mata kuliah : Matakuliah  ini bertujuan agar  mahasiswa mampu menjelaskan konsep lembaga keuangan bank (sektor keuangan) termasuk lapaoran keuangan bank yang berbasis syariah yang berbeda dengan laporan keuangan sektor riil dan juga perbankan konvensional, sehingga mampu mengetahui perbedaan antara keduanya. Mata kuliah ini membahas tentang, konsep penbankan, sumber modal perbankan syariah, manajeman perbankan berbasis syariah,  karakteristik perbankan syariah, kesehatan perbankan syariah, dasar hukum perbankan syariah.  
  1. PERPAJAKAN II ( 3 SKS)
Deskripsi mata kuliah: Mata kuliah ini membahas tentang gambaran umum tentang perpajakan di Indonesia yang meliputi dasar perpajakan, ketentuan umum dan tata cara perpajakan, pajak penghasilan, pajak pertambahan nilai dan pajak penjualan atas barang mewah, pajak bumi dan bangunan, bea perolehan atas tanah dan bangunan.  
  1. MANAJEMEN RESIKO ( 3 SKS)
Deskripsi mata kuliah : Mata kuliah ini membahas resiko bank dan institusi keuangan lainnya (market risk dan credit risk), namun demikian materi ini sama pentingnya untuk institusi non keuangan.  
  1. MANAJEMEN KINERJA ( 3 SKS)
Deskripsi mata kuliah : Mata Kuliah ini menjelaskan bagaimana mendiagnosis kinerja individu dan kelompok dalam upaya mengeffektifkan organisasi. Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa dapat memahami cara meningkatkan kinerja orhganisasi dan sumber daya yang ada didalamnya.  
  1. MANAJEMEN SDM LINTAS BUDAYA ( 3 SKS)
Deskripsi mata kuliah: Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa mampu memahami cara mengelola sumber daya manusia secara global pada listas budaya. Mata kuliah ini membahas tentang proses manajemn pada organisasi dalam ruang lingkup global.  
  1. HUBUNGAN INDUSTRIAL ( 3 SKS)
Deskripsi mata kuliah : Mata kuliah ini mengajarkan kepada mahasiswa yang berkenaan dengan hubungan antara pekerja dengan pengusah dan peraturan, undang-undang yang digunakan dalam kaitannya dengan ketenaga kerjaan. Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa mampu memahami hubungan industrial dalam perusahaan dan mampu mengaplikasikan dalam dunia kerja.  
  1. PSIKOLOGI INDUSTRI ( 3 SKS)
Deskripsi mata kuliah :\ Mata kuliah ini membahas tentang konflik dan permasalahan ketenaga kerjaan dalam perusahaan dan solusinya sehingga diperoleh kinerja karyawan yang optimal. Mata kuliah ini membahas tentang motivasi, konflik dalam organisasi dan cara memotivasi dan mengatasikonflik , kinerja dan cara meningkatkan kinerja perusahaan melalui kinerga sumber daya manusia.  
  1. MANAJEMEN PERUBAHAN ( 3 SKS)
Deskripsi mata kuliah: Mata kuliah ini memberikan pemahaman bagi mahasiswa mengenai berbagai permasalahan  dalam organisasi dalam kaitannya dengan perubahan yang terjadi, kompleksitas dalam organisasi,arsitektur perubahan, mengelola perubahan secara mendasar,dan strategi transformasi perusahaan.  
  1. MANAJEMEN PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN ( 3 SKS)
Deskripsi mata kuliah: Mata kuliah ini merupakan salah faktor dalam mengembangkan kualitas sumberdaya manusia dalam suatu organisasi. Mata kuliah bertujuan agar mahasiswa dapat memahami dan mengaplikasikan proses pengelolaan sumber daya manusia berkait dengan kegiatan pengembangan tenaga kerja.  
  1. MANAJEMEN KARIR ( 3 SKS)
Deskripsi mata kuliah: Mata Kuliah ini menjelaskan bagaimana mendiagnosis kinerja  individu dan kelompok dalam upaya mengeffektifkan organisasi dalam rangka mengelola karir. Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa dapat memahami bagaimana proses pengembangan karir dan penilaian kinerja dalam ranga pengembangan karir dan melakukan perencanaan karir.  
  1. SEMINAR MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA ( 3 SKS)
Deskripsi mata kuliah : Mata Kuliah ini menjelaskan metode penyusunan proposal didasarkan pada pendekatan atau metode penelitian di bidang Sumber Daya Manusia (SDM) untuk mengefektifkan penggunaan tenaga kerja.  
  1. KEPEMIMPINAN (3 SKS)
Deskripsi Mata Kuliah : Mata kuliah ini membahas dasar pemahaman mengenai konsep serta teori kepemimpinan,ketrampilan yang harus dimiliki pemimpin, ranah analisis dalam melihat etika kepemimpinan.pokok bahasan meliputi :hakikat kepemimpinan, proses kepemimpinan, teori kepemimpinan, menentukan kepemimpinan, gaya kepemimpinan, efektifitas kepemimpinan, sumber-sumber kekuasaan dan pengaruh, kekuasaan dan politik, cirri dan efektifitas manajerial, cirri-ciri ketrampilan manajaerial, kepemimpinan karismatik dan transformasional, memimpin perubahan dalam organisasi. Tujuan mata kuliah ini agar mahasiswa dapat memahami dan mengaplikasikan untuk dapat menjadi pemimpin yang baik terutama pada saat berada dalam masyarakat pada umumnya dan dunia usaha serta mampu menganalisis pola kepemimpinan organisasi.  
  1. PRAKTIKUM KEWIRAUSAHAAN I (1 SKS)
Deskripsi Mata Kuliah : Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa dapat melihat kondisi riel dunia usaha dan permasalahannya, matakuliah melakukan kunjungan ke perusahaan untuk dapat mengaplikasikan teori dengan praktek, dan dapat memahami permasalahan yang ada dalam bisnis yang sebanarnya.  
  1. PRAKTIKUM KEWIRAUSAHAAN II (3 SKS)
Deskripsi mata kuliah: Matakuliah ini berisi tentang penyusunan rencana bisnis dan aplikasinya dalam simulasi praktek bisnis di kampus, Tujuan matakuliah ini agar mahasiswa dapat mengaplikasikan rencana bisnis yang telah disusun.  
  1. PRAKTIKUM STATISTIK ( 3 SKS).
Deskripsi mata kuliah: Tujuan mata kuliah ini agar mahasiswa mampu memahami dan mengolah data dan interpretasi hasil pengolahan. Materi kuliah membahas tentang pengenalan program SPSS, pemasukan data, menganalisis dan mengolah data, menginterpretasikan hasil pengolahan data.    
  1. ETIKA BISNIS (3 SKS)
Deskripsi Mata Kuliah : Etika bisnis adalah pemikiran atau refleksi tentang moralitas dalam ekonomi dan bisnis, yang berarti aspek baik dan buruk, boleh atau tidak dalam berbisnis. Moralitas selalu berkaitan dengan apa yang dilakukan oleh pebisnis. Bisnis dan semua pihak yang terlibat didalamnya akan dirugikan bila segi etika diabaikan, dan etika akan mendidik setiap individu yang ingin memilih bisnis sebagai profesi. Matakuliah ini bertujuan agar mahasiswa dapat memahami dan memiliki etika dalam bisnis pada saat terjun di masyarakat dan dalam rangka menjaadi wirausaha yang sukses etika ini harus benar-benar dimiliki.  
  1. HUKUM BISNIS ( 3 SKS)
Deskripsi mata kuliah: Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa mampu memahamimengenai hukum ekonomi dan bisnis yang sedang dan landasan hukum berjalannya bisnis, perjanjian bisnis dan pendirian usaha. Materi kuliah tentang bentuk-bentuk badan usaha, kontrak dan kerjasama bisnis, hubungan-hubungan bisnis, pembiayaan dalam bisnis, hak atas kekayaan intelektual, Monopoli dan persaingan Usaha, Perlindungan konsumen, penyelesaian sengketa bisnis, kontrak kerja bersama.
Be Sociable, Share!